Gunung Luhur Ditutup Sementara, Bupati Lebak : Wisatawan Harus Bersabar

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat diwawancarai wartawan di Pendopo Pemda Lebak. (Foto/Deni).

LEBAK,- Objek wisata “Negeri Diatas Awan” Gunung Luhur yang berlokasi di Kampung Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak Banten ditutup sementara karena akan dilakukan perbaikan jalan dan fasilitas penunjang lainya untuk memberi kenyamanan pengunjung. Untuk itu, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meminta agar para wisatawan bersabar hingga kegiatan perbaikan selesai dikerjakan.

“Kita (Pemda Lebak,-red) dengan Polres, TNGHS dan pengelola sudah sepakat menutup sementara objek wisata Gunung Luhur selama proses pengerjaan berlangsung,” kata Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan di Pendopo Pemda Lebak, Jumat (27/9/2019).

Bupati mengungkapkan, objek wisata Gunung Luhur masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang rawan longsor sehingga harus melibatkan banyak pihak. Ia juga mengaku, telah meminta agar Gubernur Banten membangunkan turab penahan longsor.

“Hari ini akan digelar ekspos hasil pemetaan dari tim ahli mengenai ekowisata disana. Bukan hanya lokasi itu saja, tapi juga kawasan-kawasan lainya,” katanya.

Iti mengaku belum mengetahui pasti kapan objek wisata itu dibuka kembali. Pasalnya, proses perbaikan infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang dilokasi tersebut akan memakan waktu lama, termasuk juga pertimbangan faktor cuaca.

“Sabar dan tunggu saja ya hingga proses pengerjaan ini selesai. Ini juga demi kenyamanan dan keselamatan kita bersama,” tukasnya. (Deni).