Genpi Lebak Dorong Organisasi Kepemudaan Kembangkan Potensi Daerah

Foto bersama Genpi Lebak bersama Fokdarwis Lebak Gedong saat berkunjung ke objek wisata Sama'un Hill di Cipanas, Kabupaten Lebak. (Foto/Dok).

LEBAK,- Keberadaan potensi wisata yang melimpah di Kabupaten Lebak menarik sejumlah pihak untuk mengelola dan mengembangkannya. Salah satunya, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kabupaten Lebak yang saat ini tengah berupaya mendorong organisasi kepemudaan untuk mengembangkan potensi wisata di daerahnya masing-masing.

Ketua Genpi Lebak Yeni Mulyani mengatakan, organisasi kepemudaan merupakan suatu wadah tempat berkumpulnya para generasi milenial yang dapat menghasilkan suatu hal yang positif.

Baca juga :
Situs Kosala, Peninggalan Zaman Megalitik Yang Terlupakan

Menurutnya, keberadaan organisasi kepemudaan disetiap daerah sangatlah dibutuhkan, melihat peranannya yang sangat penting dalam sektor pengembangan potensi daerah.

“Peran pemuda sangatlah dibutuhkan dalam pengembangan destinasi wisata,” kata Ketua Genpi Lebak Yeni Mulyani kepada Orbit Banten, Rabu (15/8/2018).

Baca juga :
Bahrudin, Sukses Sulap Lahan Kebun Jagung Jadi Objek Wisata Favorit di Lebakj

Yeni mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang berupaya untuk mengandeng seluruh organisasi kepemudaan di setiap daerah, untuk memaksimalkan peran mereka dalam sektor pengembangan potensi daerah.

“Adapun upaya yang telah Genpi Lebak lakukan adalah pertama pemuda diperkenalkan terlebih dahulu dengan komunitas Genpi, biar mereka tau cara mempromosikan Destinasi Wisata itu seperti apa. Di Genpi sendiri ada aturan No Politik, No Hoax dan No Sara. Setelah itu baru mereka suruh gabung di Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” ungkapnya.

Lebih lanjut Yeni mengatakan, pihaknya mengapresiasi terhadap organisasi kepemudaan yang telah berjuang mengembangkan potensi wisata yang ada daerahnya masing-masing. Seperti, Pokdarwis Lebak Gedong yang saat ini tengah berjuang menggali dan mengembangkan potensi wisata di Kecamatan Lebak Gedong, yang memiliki segudang potensi wisata.

“Saya sangat mengapresiasi mereka yang mau berjuang dari Nol, dan mereka selalu ada koordinasi dan komunikasi dengan Genpi. Seperti saat mau bertemu dengan pejabat yang berwenang terkait pengembangan destinasi wisata,” katanya.

Yeni menegaskan, Genpi Lebak akan selalu siap dan mendukung penuh para pemuda yang memiliki keinginan kuat dalam mengembangkan destinasi wisata di daerahnya.

“Genpi akan mendorong para pemuda yang memiliki potensi serta kemampuan di bidangnya masing-masing. Mereka akan diikutsertakan dalam pelatihan-pelatihan baik dari Genpi, Dinas Parawisata Lebak, Dinas Parawisata Banten dan yang lainnya pasti di libatkan,” tandasnya. (Yusup).