DPUPR Lebak Perbaiki Ruas Jalan Rangkasbitung-Jambu Bol

LEBAK, ORBITBANTEN.CO.ID  – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak menggelontorkan dana sejumlah Rp. 1,9 M yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Lebak tahun anggaran 2020.

Dana tersebut digelontorkan untuk memperbaiki ruas jalan Rangkasbitung-Jambu Bol, Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak yang kondisinya ambles hingga memakan setengah badan jalan.

Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan DBM Lebak, Irvan Suyatupika mengatakan, perbaikan tersebut dilakukan untuk memperlancar arus transportasi di ruang jalan tersebut. Perbaikan sendiri sudah mulai dilakukan dan ditargetkan akan selesai pada bulan Desember 2020.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung visi misi Bupati Lebak untuk menjadikan Lebak sebagai daerah destinasi wisata unggulan, karena menginggat ruas jalan tersebut merupakan jalur wisata yang menghubungkan Rangkasbitung dengan kawasan Lebak selatan yang berbasis pantai. Kita targetkan pada bulan Desember sudah beres perbaikannya,” kata Irvan ketika dihubungi Orbitbanten.co.id melalui telepon selulernya, Jum’at (15/10/2020).

Irvan mengungkapkan, ruas jalan tersebut sendiri sudah ambles selama bertahun-tahun. Dan pada tahun 2020 ini baru dapat mulai diperbaiki. Hal tersebut disebabkan beberapa kendala teknis, diantaranya yakni akibat kontur tanah yang labil, sehingga pihaknya harus melakukan penelitian terlebih dahulu.

” Karena letaknya di sekitar bantaran Sungai Ciujung, maka kami tidak akan gegabah untuk langsung memperbaikinya. Setelah sekian lama melakukan penelitian dan penyebab longsornya diketahui, tahun ini kami siap melakukan perbaikan,” ungkapnya.

Kata Irvan, untuk teknis perbaikannya sendiri, pihaknya akan memperkokoh posisi tanah yang berada dibawah badan jalan dengan cara pemasangan bore pile.

“Kita lakukan pemasangan bore pile agar mengcegah adanya pergeseran tanah kembali,” tandasnya.

Sementara itu, Desna seorang pengguna jalan mengapresiasi perbaikan badan jalan tersebut. Katanya, arus transportasi dapat kembali lancar dengan diperbaikinya badan jalan Rangkasbitung- Jambu Bol tersebut.

“Semoga dapat selesai beres, karena sebelumnya arus transportasi sering kali macet karena hanya bisa digunakan setengah badan jalan,” harapnya.

(*/Red)