Dinas PUPR Lebak Usulkan Status 97,545 Km Jalan Kabupaten Dialihkan Jadi Jalan Provinsi

Pemeliharaan jalan oleh Dinas PUPR Lebak. (Foto/Dok).

LEBAK,-Sepanjang 97,545 Kilometer (KM) ruas jalan Kabupaten Lebak diusulkan untuk dialihkan statusnya menjadi jalan Provinsi Banten.

Ruas jalan yang diusulkan adalah, jalan Mandala-Kalanganyar-Leuwidamar-Bojongmanik-Cirinteun-Gunungkencana-Banjarsari sepanjang 66,045 Km, Bolang-Wanasalam 15 Km, Kolelet-Rangkasbitung 5,3 Km, Cibadak-Padasuka 6,1 Km, Bayah-Simpang 3,45 Km, dan RE Martadinata 1,65 Km.

“Ada enam titik yang menurut kami memenuhi kriteria menjadi jalan provinsi,” kata Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Lebak Lebak, Irvan Suyatupika, Rabu (3/12/2019).

Namun kata Irvan, belum diketahui dari enam ruas jalan tersebut, jalan mana saja yang disetujui provinsi untuk dialihkan statusnya.

“Karena saat diusulkan, provinsi baru melakukan SK perubahan jalan. Mereka akan lebih dulu melakukan survei terhadap ruas jalan yang diusulkan,” ungkap dia.

Evaluasi akan dilakukan setelah status ruas jalan benar-benar sudah dialihkan untuk melihat jalan-jalan lain yang bisa menjadi jalan kabupaten.

“Karena ada beberapa ruas pembangunan jalan yang dilaksanakan belum diakomodir ke SK jalan kabupaten,” imbuhnya.(And)