Dinas Peternakan Periksa Hewan Kurban

LEBAK – Dinas Peternakan Kabupaten Lebak melakukan pemeriksaan hewan kurban, pemeriksaan tersebut untuk memastikan hewan kurban yang diperjualbelikan sehat dan tidak berpenyakit.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Anmurza mengatakan, pemeriksaan ini biasa dilakukan setiap menjelang Idul Adha, dimana masyarakat muslim akan melakukan kurban.

“Kita periksa untuk memastikan beberapa lapak penjual hewan kurban di wilayah Rangkasbitung itu sehat dan tidak berpenyakit,” kata Anmurza kepada awak media usai melakukan pemeriksaan hewan kurban di Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Senin (5/8/2019).

Anmurza menambahkan, hewan kurban yang layak untuk dikurbankan harus berusia 1 tahun untuk domba dan 2 tahun untuk sapi atau kerbau.

“Tadi kita sudah periksa, Alhamdulillah semua hewan kurban tidak ada yang berpenyakit, semua pada sehat. Kita juga mengalungkan kalung sehat kepada hewan yang sudah kita periksa, jadi pembeli nantinya bisa melihat dan paham kalau hewan kurban yang dibelinya itu tidak berpenyakit,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, Anmurza mengaku, tidak menemukan adanya hewan kurban yang berpenyakit. Namun ada beberapa hewan kurban yang ditemukan belum cukup umur.

“Kita hanya temukan hewan kurban yang bekum cukup umur, sudah kita imbau untuk tidak dijual,” jelasnya. (Omet)