Dandim 0603 Lebak Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

 

KABUPATEN LEBAK, ORBITBANTEN. CO. ID – Dandim 0603 Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Hal terus mengingat tren kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Lebak yang terus bertambah setiap harinya.

Katanya, Perbub itu sendiri bertujuan untuk menekan penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Lebak, sehingga penerapan Perbub tersebut haruslah didukung oleh seluluh elemen masyarakat.

” Kita ketahui sendiri kasus terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Lebak terus bertambah, dan bahkan saat ini Lebak telah masuk zona merah. Tentunya, penyebaran covid-19 ini harus kita putus, cukup sampai disini, jangan menyebar lagi. Mari kita patuhi Perbub AKB dan menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari, ” kata Dandim kepada awak media, Rabu (23/9/2020).

Kata Dandim, walaupun saat ini telah memasuki era new normal, dimana seluruh kegiatan telah berangsur pulih, namun hal tersebut bukan mengartikan bahwa virus Covid-19 telah hilang. Virus tersebut benar-benar ada, nyata, dan terus menyebar setiap harinya.

Menurutnya, melonjaknya kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Lebak disebabkan oleh lalainya masyarakat terhadap protokol kesehatan dengan tetap berkrumum, berpegian ke luar daerah, dan bahkan tidak menggunakan masker.

“Penyebaran virus ini sangatlah cepat, jika kita lalai sedikit saja, mungkin kita dapat terpapar, bahkan resiko lebih buruknya kita menyebarkan virus itu ke anggota keluarga yang berada di rumah, ” ujarnya.

Ia menuturkan, pihaknya sendiri bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak terus berupaya mensosialisasikan secara masif kepada masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan dan juga menerapkan pola hidup sehat. Dirinya, berharap masyarakat dapat mengindahkan ajuran yang bertujuan untuk melindungi masyarkat itu sendiri dari papara virus Covid-19.

“Kita (Kodim 0603 Lebak) bersama dengan Pemda dan Forkopinda telah mengkampanyekan protokol kesehatan dan pola hidup sehat, serta membagikan masker kepada masyarakat. Kita harap, masyarakat dapat menggunakan masker tersebut, dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 di Bumi Multatuli ini, ” tandasnya.

Sementara itu, Hani (23) warga Kecamatan Rangkasbitung mengatakan, dirinya mengapresiasi penerapan Perbub akb yang bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19. Namun, katanya, penerapan Perbub tersebut haruslah tegas, tidak pandang bulu, dan pengawasan.

“Perbub ini kan untuk masyarakat juga, tentunya kita apresiasi. Tapi, perlu adanya pengawasan, jangan sampai Perbub ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dan, sanksi yang diberikanpun harus jelas, dan tidak tebang pilih, ” pungkasnya.

(*/Red)