Cegah Stunting dan Anemia FKM Universitas Indonesia Sosialisasi ke Pelajar di Lebak

LEBAK, ORBITBANTEN.CO.ID – Dalam upaya membantu pencegahan dini stunting dan anemia, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) memberikan edukasi tentang gizi kepada para pelajar di SMPN 3 Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Senin 4 Desember 2023.

Perwakilan Departemen Gizi FKM UI, Diah M. Utari mengatakan edukasi ini menjadi penting diberikan kepada para pelajar di Kabupaten Lebak, sebab masih adanya kasus pendek dan sangat pendek pada remaja usia 13-15 tahun.

“Pendek merupakan status gizi yang disebabkan karena kurangnya asupan zat gizi dalam waktu yang lama. Sementara itu, berdasar penelitian terserak, hampir separuh dari remaja putri di Kab. Lebak mengalami anemia,” katanya.

Lantaran itu, diperlukan upaya untuk memperbaiki masalah gizi sejak remaja, khususnya remaja putri, karena remaja putri adalah calon ibu yang akan menentukan kualitas generasi mendatang.

“Edukasi gizi ini diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal terhadap perubahan pola konsumsi dan pada akhirnya pada status gizi dan kesehatannya. Apalagi, berdasarkan tanya jawab selama kegiatan berlangsung didapatkan bahwa hanya sepertiga siswa yang rutin sarapan sebelum berangkat sekolah dengan alasan tidak sempat, malas, dan tidak biasa. Selain itu asupan pangan hewani tidak dikonsumsi setiap kali makan,” katanya.

Sementara Camat Kalanganyar, Bayu Hadiyana mengapresiasi kegiatan FKM UI yang mau memberikan edukasi gizi sejak dini kepada masyarakat di Kecamatan Kalanganyar.

“Penanganan stunting seharusnya tidak hanya fokus pada balita saja, namun harus sejak dini khususnya pada remaja putri, karena mereka harus memahami pola makan bergizi seimbang dan cara pencegahan anemia serta Kurang Energi Kronis (KEK),” katanya.

(red)