Capaian Fisik TMMD di Cimarga Sudah 75 Persen

LEBAK, ORBITBANTEN.CO.ID – Pelaksaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 yang dilaksanakan oleh Kodim 0603 Lebak di Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak saat ini sudah mencapai 75 persen.

Progres pembukaan jalan yang menghubungkan Desa Gunung Anten dengan Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga, saat ini sudah mencapi tahap pemerataan tanah dengan menggunakan alat berat.

Dandim 0603 Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi mengatakan, capaian tersebut berkat cuaca cerah yang mendukung pelaksanaan pembukaan jalan.

“Cuaca yang terus mendukung serta kerja keras anggota dibantu masyarakat. Alhamdulilah, dari pra TMMD tanggal 6 Februaru lalu progres pemerataan tanah sudah mencapai 75 persen,” kata Dandim.

Dandim menjelaskan, Kodim 0603 Lebak dalam program TMMD ini telah menerjunkan 150 personil untuk berjibaku membuka jalan yang menghubungkan dua Desa di Kecamatan Cimarga itu. Adapun sasaran fisik yang akan dicapai yakni pembukaan jalan sepanjang 6 Kilometer, dengan lebar 8 meter. Sementara sasaran non fisiknya yakni, rehab rumah, penyuluhan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Menurutnya, program TMMD ini merupakan bentuk dukungan TNI terhadap Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program TMMD jelas membantu pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur jalan. Dengan dibukanya jalan pedesaan maka ini jelas dampaknya positif karena daerah itu sudah terbuka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Dandim, tujuan TMMD ini juga adalah TNI ingin berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan TNI juga ingin membangun kerjasama, kekompakan dan manunggal dengan aparat pemerintahan maupun masyarakat.

“Tentunya dalam TMMD ini kami bersama dengan Pemda Lebak juga melakukan berbagai pemberdayaan masyarakat seperti Rehab rumah penyuluhan kesehatan dan pendidikan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Sementara itu, seorang warga Gunung Anten Ikbal yang juga relawan BPBD Lebak, menyambut baik program tersebut. Sebab, menurutnya dengan akses baru tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk beraktifitas khususnya dalam menjual hasil panen bumi.

“Sepengetahuan saya warga cukup antusias adanya pembukaan jalan tersebut. Semoga kehadiran program TMMD ini memberikan efek yang positif dalam kemajuan pembangunan di Kecamatan Cimarga,” pungkasnya.

(Red)