Bupati dan Wakil Bupati Lebak Lakukan Sensus Penduduk Secara Online

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan Asda II Wawan Kuswanto sedang mengisi sensus penduduk 2020 di Pendopo Lebak. (Foto/Dok).

LEBAK,- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, didampingi Sekretaris Daerah Lebak Dede Jaelani serta para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pengisian data secaraa online. Pengisian data tersebut dibimbing langsung oleh kepala BPS Lebak, Husni Maulana di Pendopo Bupati Lebak, Senin (17/02/2020).

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, data sensus penduduk ini menjadi dasar perhitungan parameter-parameter kependudukan, penyusunan proyeksi penduduk juga bermanfaat bagi perencanaan pembangunan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Data kependudukan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah dalam menyusun perencanaan program pembangunan ke depan,” kata Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan di Pendopo Pemda Lebak, Senin (17/2/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lebak untuk turut serta mensukseskan sensus penduduk 2020.

“Mari meluangkan sedikit waktu untuk mengisi sensus penduduk, karena sensus penduduk ini juga sebagai salah satu acuan untuk menentukan arah kebijakan pemerintah kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebak Husin Maulana menjelaskan bahwa, sensus penduduk 2020 ini adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

“Sensus penduduk kali ini kami menggunakan metode berbeda yaitu melalui online, di mana masyarakat mengisi data mereka secara mandiri mulai tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Pada bulan Juli mendatang petugas sensus yang akan mendatangi rumah warga untuk mensinkronkan data yang sudah di isi melalui online,” ungkap Husin.

Pihaknya berharap, masyarakat di Kabupaten Lebak segera mengisi data melalui online dengan cara masuk ke laman www.sensus.bps.go.id bisa menggunakan handphone atau perangkat elektronik lain yang terhubung dengan internet, setelah itu ikuti panduan mengisi data sensus. (Deni).