Bawaslu Lebak Antisipasi Potensi Pelanggaran Pemilu

Ketua Bawaslu Lebak, Odong Hudori didampingi anggota beserta Kepala Sekretariat Bawaslu Lebak sedang menyampaikan materi Rakor Gakkumdu di Hotel Katineung, Rangkasbitung. (Foto/Deni).

LEBAK,- Untuk mengantisipasi segala jenis potensi pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu tahun 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lebak, Banten menggelar rapat koordinasi sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) tingkat Kabupaten Lebak di Hotel Katineung, jalan Multatuli, Rangkasbitung, Jumat (2/11/2018).

Kegiatan ini selain dihadiri oleh seluruh ketua Panwascam dari 28 Kecamatan, Bawaslu Lebak juga mengahdirkan sejumlah narasumber, dari Polres Lebak dan Kejaksaan Negeri Lebak. Kedua lembaga ini sangat kompeten dalam proses penanganan pelanggaran pidana.

Ketua Bawaslu Lebak, Odong Hudori mengatakan, koordinasi ini dilaksankan untuk meningkatkan kemampuan proses pengawasan dalam menghadapi setiap kemungkinan pelanggaran pemilu di Lebak.

Baca juga :
Bawaslu Banten Ingatkan Soal Netralitas ASN Pada Pemilu 2019

“Kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi kita terhadap potensi pelanggaran-pelanggaran pemilu, baik yang dilakukan oleh Caleg hingga Calon Presiden,” kata Ketua Bawaslu Lebak, Odong Hudori kepada Orbit Banten di Hotel Katineung, Rangkasbiting, Jumat (2/11/2018).

Selain itu, kata Odong, melalui kegiatan rakor Gakkumdu ini juga sebagai langkah Bawaslu Lebak untuk meningkatkan kemampuan para personil Pengawas Pemilu dalam menghadapi setiap kemungkinan terburuk yang terjadi di Lebak.

“Alur penanganan pelanggaran ini harus dipahami betul oleh seluruh anggota Panwas. Baik itu pelanggaran administrasi maupun pelanggaran pidana pemilu. Terlebih pada tahapan masa kampanye ini berpotensi banyak pelanggaran,” terang Odong.

Baca juga :
Bawaslu Lebak Fokus Pengawasan Kampanye di Medsos

Pihaknya berharap, rakor ini bisa menjadi bekal pengetahuan dan wawasan bagi seluruh Panwas Kecamatan tentang alur penanganan pelanggaran pemilu.

“Semoga ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi Panwascam, agar dalam setiap penanganan pelanggaran pemilu, Panwascam sudah siap,” tandasnya. (Deni).