Alfamart Ajari Warga Maja Mendaur Ulang Limbah

Puluhan Ibu-ibu mengikuti pelatihan mendaur ulang limbah di Kampung Maja, Desa Maja, Kecamatan Maja. (Foto:Ali).

MAJA – Puluhan ibu rumah tangga warga Kampung Maja, Desa Maja, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak tampak asyik membuat kreasi daur ulang limbah pabrik berupa benang wol dan kain beludru yang diadakan Alfamart. Pelatihan tersebut digelar di Kampung Maja Rt 004/01 Desa Maja, Kamis (22/2/).

Kory, selaku fasilitator mengatakan pelatihan ini tak hanya mengajak ibu-ibu peduli lingkungan dengan mengurangi sampah di rumah. Tapi juga mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis, dan menjadikan ibu-ibu serta warga menjadi lebih mandiri.

“Kita bisa membuat ragam dompet dari barang bekas yang ada di sekitar. Keterampilan ini bisa dipelajari dan bisa menjadikan ibu-ibu serta warga sini mandiri, sebab barangnya layak jual atau memiliki nilai ekonomi,” ujarnya.

Bahan yang diperlukan antara lain kain beludru, wol, gunting dan benang. Didampingi beberapa orang fasilitator, peserta yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga itu asyik mengikuti instruksi.

Sementara itu, Branch Manager Alfamart Balaraja, Yosef Risdianto mengatakan, pelatihan kewirausahaan semacam ini akan berlangsung rutin beberapa bulan sekali di setiap cabang yang memiliki toko Alfamart.

“Tujuannya, tak lain untuk memberdayakan warga agar menjadi mandiri secara finansial. Kegiatan ini selaras dengan pilar CSR Alfamart SME’s (Small Medium Enterprises) atau UKM,” katanya.

Yosef menuturkan, perusahaan tak hanya peduli terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sudah jadi atau sudah memiliki omzet, tapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula. Kepedulian terhadap UKM yang sudah dilakukan perusahaan selama ini antara lain dengan melibatkan mereka bergabung membuka usaha di halaman toko hingga melibatkan mereka untuk menyuplai barang dagangan di toko.

“Kami juga secara berkala memberi pelatihan manajemen ritel modern terhadap para pedagang kelontong di sekitar toko yang tergabung dalam member Kartu Ponta. Khusus member dari kalangan pedagang ini, mereka mendapatkan harga khusus ketika berbelanja di Alfamart. Kalau mau beli, tinggal order dan bisa langsung kirim tanpa dikenakan biaya tambahan,” ucapnya.

Masih ditempat yang sama, Efi Komala Sari, salah seorang peserta kegiatan mengungkapkan, sangat senang bisa mengikuti pelatihan membuat bantal leher tersebut karena bisa memiliki keterampilan yang bisa dipraktekan dengan mudah.

“Kami sangat senang sekali mengikuti keterampilan ini, disamping dapat memiliki keterampilan untuk mandiri juga memiliki nilai ekonomi,” ujarnya. (Ali).