Operasi Zebra 2019 Dimulai, Petugas Sasar Pengendara yang Melanggar

Kanit Patwal Polres Lebak, Ipda R. Agung sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan dalam operasi zebra 2019 di depan Pos Polisi Jembatan Dua Rangkasbitung. (Foto/Deni).

LEBAK,- Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Lebak menggelar operasi zebra tahun 2019. Operasi yang digelar mulai hari ini hingga 5 November 2019 mendatang ini menyasar pengendara yang tidak memakai helm, tidak memiliki SIM dan STNK, dibawah umur serta melawan arus.

Pantauan Orbit Banten dilokasi, puluhan petugas Satlantas Polres Lebak mendata sejumlah pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di jalan Multatuli, tepatnya di depan Pos Polisi Jembatan Dua Rangkasbitung. Satu persatu, petugas memeriksa kelengkapan kendaraan yang dibawa pengendara.

Kanit Patwal Polres Lebak, IPDA R Agung mengatakan, operasi zebra ini bertujuan untuk mewujudkan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar di lokasi-lokasi yang rawan kecelakaan, pelanggaran serta kemacetan.

Baca juga :
Puluhan Pengendara di Lebak Terjaring Razia Pajak Kendaraan

Dihari pertama operasi zebra ini, petugas berhasil menjaring sedikitnya 15 kendaraan dan ratusan penegendara yang diberi sanksi tilang.

Menurutnya, ada beberapa target operasi dalam kegiatan ini, antara lain pengendara yang tidak memiliki SIM dan STNK, pengendara di bawah umur, berkendara sepeda motor berbonceng tiga, menggunakan handphone saat berkendara, tidak mengenakan sabuk pengaman, serta berkendara dibawah pengaruh alkohol.

“Target operasi yang menjadi prioritas adalah pengendara yang tidak memiliki SIM dan STNK, pengendara dibawah umur, serta melawan arus,” kata Agung kepada wartawan di Rangkasbitung, Rabu (23/10/2019).

Baca juga :
Polsek Cibadak Bekuk Komplotan Curanmor

Ia menuturkan, operasi tersebut akan digelar selama dua pekan terhitung sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019 mendatang di seluruh ruas jalan di wilayah hukum Polres Lebak. Hal ini dilakukan demi terwujudnya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya operasi ini diharapkan dapat meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” tukasnya. (Deni).