Ratusan Personil Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak di Lebak

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya memeriksa kesiapan personil pengamanan Pilkades serentak tahun 2019 saat menggelar apel Pergeseran Pasukan di alun-alun kota Rangkasbitung. (Foto/Dok).

LEBAK,- Sebanyak 900 personil gabungan TNI/Polri dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak dari 10 desa di 7 Kecamatan se-Kabupaten Lebak pada Selasa, 22 Oktober 2019 mendatang.

Pengecekan kesiapan pergeseran pasukan (Serpes) Pilkades serentak dihadiri Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Ketua DPRD Lebak Dindin Nurohmat, Komandan Kodim 0603/Lebak Letkol (Kav) Yuda Setiawan, Ketua Pengadilan Agama Rangkasbitung, H.Abdul Majid, Unsur Pejabat Polda Banten, Sekretaris Daerah Lebak Dede Jaelani beserta jajarannya yang digelar di Alun-alun Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Senin (21/10/2019).

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, apel Serpas digelar guna pengecekan kesiapan personil serta kelengkapan sarana dan prasarana petugas keamanan sebelum diterjunkan ke lapangan. Sehingg perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan baik dalam rangka pengamanan Pilkades serentak tahun 2019 yang akan melaksanakan tahap pungut suara di TPS pada hari Selasa tanggal 22 Oktober mendatang.

“Saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk mengawal dan mengamankan tahapan Pilkades. Serta menjamin situasi Kamtibmas yang kondusif sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penyelenggara Pilkades dan menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani,” kata Bupati dalam sambutanya pada apel Serpas di alun-alun kota Rangkasbitung, Senin (21/10/2019).

Baca juga :
36 Calon Kepala Desa di Lebak Deklarasikan Pilkades Damai

Bupati meminta, agar seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan Pilkades selalu proaktif dan bersinergi dengan penyelenggara Dinas Pemerintah Desa Kabupaten Lebak, termasuk dengan unsur TNI dan masyarakat demi kesuksesan Pilkades serentak tahun 2019.

“Saya tegaskan juga agar seluruh personil Polri dan TNI tetap menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada calon tertentu dalam memberikan pelayanan,” tegas Iti.

Sementara itu, Kapolres Lebak, AKBP Firman Andreanto menjelaskan pengamanan Pilkades Serentak akan melibatkan kurang lebih 900 personil gabungan.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkades ini berjalan aman dan tertib dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ungkap Kapolres Lebak.

Untuk diketahui 10 desa di Kabupaten Lebak yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak, yakni Desa Margaluyu, Sukamarga, Kecamatan Sajira, Desa Wantisari di Kecamatan Leuwidamar, Desa Sawarna, Desa Sawarna Timur, Kecamatan Bayah, Desa Situregen, Kecamatan Panggarangan, Desa Jalupang Girang dan Desa Kaduhauk, Kecamatan Banjarsari dan Dssa Cidadap di Kecamatan Curugbitung. (*/Deni).