36 Calon Kepala Desa di Lebak Deklarasikan Pilkades Damai

Dihadapan Bupati Lebak, para calon kepala desa mendeklarasikan Pilkades damai di aula Multatuli, Pemda Lebak. (Foto/Dok.)

LEBAK,- Sebanyak 36 calon Kepala Desa dari 10 desa di 7 kecamatan melakukan deklarasi damai. Deklarasi damai ini diikrarkan oleh seluruh calon kepala desa dihadapan Bupati Lebak beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lebak, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lebak, Sekretaris Daerah, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lebak di Aula Multatuli Setda Lebak, Selasa (15/10/2019).

Dalam sambutanya, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya berpesan agar para calon Kades tampil elegan dalam penyampaian visi misi, ide dan gagasan yang menyentuh kehidupan masyarakat.

“Pilkades harus menjadi pesta demokrasi masyarakat desa yang bermartabat dan menghasilkan kepala desa sebagai pemimpin desa yang mengayomi dan mensejahterakan masyarakatnya,” kata Iti Octavia Jayabaya.

Katanya, pesta demokrasi tersebut tidak boleh tercederai oleh perbedaan pemahaman didalam memaknai arti Pilkades. “Pilkades bukan ajang untuk saling menjatuhkan dan mengalahkan, menebar kebencian dan permusuhan. Apalagi melakukan cara-cara yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Lebak AKBP Firman Andreanto menegaskan, bahwa jajaran kepolisian bersikap netral dan telah menyiapkan seluruh jajaranya dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibnas) selama tahapan Pilkades berlangsung.

“Saya tegaskan kepada seluruh personel TNI/Polri untuk tetap menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada calon tertentu dengan mengedepankan tindakan preventif dalam penegakan hukum selama proses Pilkades berlangsung,” ujarnya.

Untuk diketahui pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Lebak akan digelar pada 22 Oktober 2019 yang tersebar di 10 Desa dari 7 kecamatan diantaranya, Desa Rangkasbitung, Desa Situregen, Desa Sawarna, Desa Sawarna Timur, Desa Kaduhauk, Desa Wantisari, Desa Sukamarga, Desa Margaluyu, Desa Jalupang Girang, dan Desa Cidadap. (*/Deni).